Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura yang disebut juga Istana Asseraiyah Hasyimiah terletak di desa Siak Sri Indrapura, kecamatan Siak, kabupaten Bengkalis, Riau. Istana ini dibangun semasa pemerintahan Sultan Siak XI (1889-1908) yang bergelar Assyaidin Syarif Qasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889. Istana Siak Sri Indrapura berdenah empat persegi panjang dengan ukuran 28.030m². Istana ini terletak di tepi sungai Jantan atau sungai Siak.

Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura

Keadaan bangunan dan lingkungan Istana Siak Sri Indrapura sangat baik dan terawat. Arsitekturnya tampak memperlihatkan perpaduan antara arsitektur Melayu, Arab, dan Eropa. Bangunan istana terdiri dari dua lantai yang peruntukkannya berbeda. Lantai dasar terdiri dari lima ruangan utama yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu dan ruang sidang. Lantai atas yang ukuran luasnya lebih kecil terdapat empat ruangan yang berfungsi sebagai tempat istrahat Sultan dan tamu, dan dua ruangan lagi sebagai aula.

Antara lantai bawah dan lantai atas Istana Siak Sri Indrapura dihubungkan dengan dua tangga yang berbentuk spiral. Tangga untuk naik berbeda dengan tangga untuk turun. Tangga yang ada di sisi kanan berfungsi sebagai tangga naik, sedangkan tangga di sisi kiri sebagai tangga untuk turun. Selain bangunan utama yang disebut bangunan istana kerajaan, di dalam lingkungan kompleks Istana Siak Sri Indrapura terdapat sebuah bangunan kecil yang diberi nama Istana Peraduan. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan beserta keluarganya. Di bagian samping Istana Peraduan terdapat bangunan lain yang berfungsi sebagai tempat penjagaan. Istana tersebut menunjukan betapa indahnya Indonesia karena banyak memiliki bangunan-bangunan bersejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *