7 Telaga Di Dieng

7 Telaga Di Dieng

Dieng adalahsebuah dataran tinggi yang terlalu memesona bagi para pengunjungnya. Pemandangan alam yang menarik, sejuknya udara pegunungan dan tingkat kearifan lokalnya yang membumi, semakin membuat Dieng dan segala yang ada disana sangat layak dikunjungi. Di antara obyek wisata tersebut, ada 7 telaga di Dieng yang jangan sampai Anda lewatkan.

1 . Telaga Merdada

Telaga Merdada dahulu merupakan kepundan ( kawah gunung berapi yang kemudian terisi air hujan ) air dari telaga itu dapat dipergunakan untuk kebutuhan penduduk Desa Karang Tengah.

2. Telaga Sewiwi

Telaga ini bukan merupakan bekas kawah melainkan pemunculan air tanah dari bukit-bukit sekitarnya ditambah air hujan, sehingga terjadilah telaga. Sekarang telaga ini berkurang airnya.

3. Telaga Balekambang

Telaga Balekambang
Telaga Balekambang

Terletak di Kompleks Candi Pendowo, untuk menghindari bahaya banjir yang dapat merusak candi – candi, penduduk membuat saluran pembuangan air ke sungai Dolok. Saluran tersebut diberi nama Gangsiran Aswatama.

4. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Kedua telaga ini dulu merupakan satu telaga saja, karena terbendungnya Sungai Tulis oleh lava, maka telaga tersebut terpisahkan menjadi dua sampai sekarang.Telaga ini juga telaga yang paling ramai dikunjungi karena letaknya yang strategis.

5. Telaga Dringo 

Nama Dringo didapat dari tumbuhnya dringo di sekeliling telaga tanpa ditanam orang. Telaga itu juga merupakan bekas kawah yang meletus pada tahun 1786.Terletak di desa Pekasiran, dan langsung berbatasan dengan desa Wonopriyo kecamatan Blado kabupaten Batang, sejalur dengan kawah Candradimuka.

6. Telaga Cebong

Telaga ini merupakan cekungan dikelilingi oleh perbukitan. Air tanah bukit bukit itu mengisi cekungan tersebut. Air telaga digunakan untuk keperluan sehari – hari oleh penduduk desaSembungan.

7. Telaga Menjer

Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo dan merupakan salah satu objek wisata alam yang menunjukkan betapa indahnya Indonesia. Berada di ketinggian 1300 Mdpl, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak di desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.