Mengenal Lebih jauh Fakultas Ekologi Manusia IPB

Mengenal Lebih jauh Fakultas Ekologi Manusia IPB

Fakultas Ekologi Manusia IPB
Fakultas Ekologi Manusia IPB

IPB merupakan singkatan dari Institut Pertanian Bogor yang merupakan kampus yang dulunya merupakan gabungan dari UI. Meskipun pertanian yang menjadi sektor utama dari nama institut ini namun bukan berarti semua fakultas yang ada di dalamnya terdiri dari bidang pertanian. Banyak sekali fakultas yang ada di dalamnya seperti fakultas ekologi manusia yang dimulai dari tahapan implementasi otonomi IPB. Pembentukan FEMA IPB seiring dengan berbagai perubahan yang terjadi di IPB.

Fakultas Ekologi Manusia IPB merupakan satu-satunya fakultas yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu dari 3 fakultas di ASEAN. Fakultas ini berdiri pada tahun 2005 berdasarkan SK dengan status perguruan tinggi BHMN. Adapun visi dan misi dari didirikannya fakultas ini yang terangkum dalam beberapa kriteria. Visi dari fakultas ini adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset yang mendunia di bidang ekologi tentunya.

Selain visi pastinya ada juga misi dari FEMA IPB ini yang pertama adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi ekologi yang bermutu internasional. Hal tersebut berdasar kepada ilmu gizi, ilmu keluarga dan konsumen, serta sains dan pengembangan masyarakat. Misi yang kedua adalah melakukan penelitian interdisiplin dan transdisiplin dalam pengembangan IPTEKS dalam bidang ekologi untuk transformasi sosial. Terakhir memberikan pengabdian pada masyarakat untuk mencapai kesejahteraannya.

Tujuan utama dari FEMA IPB ini adalah menghasilkan lulusan yang bermutu yang terbagi menjadi beberapa karakteristik. Beberapa karakteristik tersebut di antaranya adalah memiliki prestasi akademik, memiliki moral yang baik, kepedulian sosial yang tinggi, memiliki daya kompetisi dan jiwa kewirausahaan. Dengan beberapa kriteria tersebut akan tercapailah IPTEKS yang transformatif dan kehidupan individu, keluarga dan komunitas yang lebih baik dan berkelanjutan.