Iklim Yang Ada Di Indonesia

Iklim Yang Ada Di Indonesia

Ciri utama iklim di Indonesia adalah suhu udara tinggi sepanjang tahun (rata-rata 27 C), curah hujan tinggi, penyinaran matahari sepanjang tahun. Letak astronomis suatu tempat berpengaruh terhadap tipe iklim matahri. Iklim Indonesia termasuk dalam iklim tropis. Iklim yang ada di Indonesia antara lain :

Iklim musim (Iklim Muson)

Iklim ini dipengaruhi oleh angin musiman yang berubah-ubah setiap periode tertentu. Iklim musim terdiri dari angin muson barat yang bertiup sekitar bulan Oktober hingga April yang basah membawa musim penghujan, dan Angin Muson Timur yang bertiup sekitar bulan April hingga bulan Oktober yang sifatnya kering dan mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

Iklim Tropis (Iklim Panas)

Daerah Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang otomatis akan mengalami iklim tropis yang bersifat panas dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Selain memiliki iklim tropis keindahan alam di Indonesia juga sangat memukau, banyak sekali para wisatawan yang mengagumi keindahan alam Indonesia.

Iklim Laut

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di Dunia. Hal ini mengakibatkan penguapan air laut menjadi udara yang lembap dan curah hujan yang tinggi.

Perubahan iklim terjadi karena iklim memiliki unsur-unsur yang saling berinteraksi seperti suhu, tekanan udara, kecepatan angin dan kelembapan udara. Perubahan iklim juga terjadi karena perkembangan jumlah penduduk yang menyebabkan perubahan lingkungan. Sedangkan musim dipengaruhi oleh angin musim/muson/ monsoon yang bertiup periodic selama 6 bulan. Pola angin muson inilah yang mempengaruhi asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Menurut berberapa ahli menyebutkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (wilayah antara Cina Selatan dan Vietnam). Kedatangan nenek moyang ke Indonesia terjadi bergelombang.