Pengiriman Barang Salah Saat Belanja Online, Harus Bagaimana?

Pengiriman Barang Salah Saat Belanja Online, Harus Bagaimana?

Belanja online merupakan sebuah hasil inovas dari teklogi yang namanya internet dan penjual adalah manusia biasa, jadi wajar jika terjadi kesalahan ketika melakukan transaksi online. Masalah yang terjadi biasanya adalah dikarenakan human error seperti pengiriman produk yang salah atau barang yang dikirim memiliki cacat (rusak). Pembeli yang sudah akrab dan sering belanja di online shop biasaya sudah paham tentang apa yang harus dilakukan ketika barang yang tiba tidak sesuai dengan yang diorder. Karena hal ini bukan merupakan hal baru lagi dalam siklus melakukan belanja secara online.

belanja online 5

Tapi yang menjadi masalah adalah jika hal ini terjadi pada orang awam yang baru pertama kalinya melakukan belanja secara online. Tak pelak pikiran negatif pun bisa langsung bermunculan. Padahal mungkin saja itu hanya dikarenakan penjual yang kurang hati-hati sehingga salah mengirim orderan. Jika terjadi hal seperti ini sebaiknya jangan panik, coba hubungi lagi si penjual dan tanyakan secara sopan kenapa barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan. Kalau Anda menyikapinya dengan hati yang dingin maka penjual pasti akan bertanggungjawab. Berbeda kalau Anda langsung emosi apalagi sampai mengatakan olshop tersebut tidak profesional dan lain sebagainya. Pasti penjual menjadi malas untuk menanggapi complain Anda.

Setiap olshop memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing, namun kesalahan dalam mengirim barang adalah tanggungjawab si penjual. Urusan ganti rugi ongkos kirim pun dapat dibicarakan secara baik-baik hingga timbulnya sebuah kesepakatan bersama. Sebagai olshop yang profesional pasti akan lebih memilih untuk memberikan pelayanan ekstra untuk pembeli meskpun harus menanggung kerugian. Jika melakukan complain sesuai prosedur dan dengan cara yang baik, maka tanggapan yang akan Anda dapatkan pastinya positif juga. Namun pada beberapa olshop memang akan membutuhkan kesabaran ekstra karena memang prosedur yang digunakan lebih ribet. Namun jika Anda masih ingin mendapatkan hak Anda sebagai pembeli yang tentu tidak ingin dirugikan, maka Anda dianjurkan untuk bersabar sementara waktu. Sebab itu sudah menjadi resiko jika belanja online.