Tips Menjadi Smart Buyer Saat Belanja Online

Tips Menjadi Smart Buyer Saat Belanja Online

Belanja online atau online shoping merupakan sebuah produk hasil dari inovasi teknologi canggih. Maka sudah sepantasnya para pembeli juga memiliki etika dalam berbelanja atau menjadi smart buyer (pembeli cerdas) yang tahu kapan harus bertanya dan kapan harus complain. Karena prilaku dan kata-kata Anda akan mencerminkan kualitas diri Anda. Hal ini dikarenakan dengan semakin maraknya sistem melakukan belanja secara online juga diikuti oleh pembeli yang nyeleneh. Yang bertanya ini dan itu, menuntut penjual melakukan ini dan itu, misalnya saja memfoto setiap detail kancing baju satu-persatu. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kedua pihak nantinya.belanja online 6

Ketika Anda memutuskan untuk belanja online, setidaknya harus memahami bagaimana aturan belanja melalui media internet yang baik dan benar. Jika belanja di website brand tertentu maka jangan pernah mengirim pesan tidak masuk akal seperti “Itu harganya masih bisa kurang?” atau “kalau beli dua dapat diskon atau tidak?”. Pedagang yang profesional kelas kakap pasti tidak akan menggubris pertanyaan Anda karena dianggap hanya iseng saja. Atau jika sudah membaca deskripsi produk tertera HARGA NET, maka jangan pernah menawarnya. Memberi harga merupakan hak dari si penjual sehingga Anda tidak diizinkan untuk merasa keberatan mengenai berapapun harga produk yang ia jual. Selain itu, penting bagi pembeli untuk mengingat jam aktif toko online, jangan hanya karena Anda sms pada jam satu malam dan belum dibalas kemudian mengatakan bahwa toko tersebut penipu. Ini hanya akan membuat diri Anda terlihat konyol. Karena jam satu malam adalah waktu orang untuk tidur dan bukan hanya harus melayani sms yang Anda kirimkan.

Setiap online store atau toko online memiliki kebijakannya masing-masing. Baiknya Anda membaca deskripsi tentang toko tersebut terlebih dahulu dan memahami aturan yang diberlakukan sebelum memutuskan untuk membeli produknya. Ada toko yang menerapkan kebijakan bahwa barang yang sudah dibeli tidak boleh ditukar atau uang yang sudah ditransfer maka tidak bisa dirfund. Ini perlu Anda perhatikan dengan seksama agar nantinya Anda tidak merasa dirugikan karena belanja online.