Trik Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

Trik Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

Belanja online memang sangat rawan, apalagi bagi yang belum paham dengan mekanisme dan proses kerjanya atau yang baru pertama kalinya ingin berbelanja melalui internet. Sebab para oknum nakal pastinya membidik mangsa yang seperti ini dengan janji manis produk bagus namun harganya sangat murah. Dan orang-orang yang tegiur dan menjadi korban oknum yang tidak bertanggungjawab ini pun biasanya adalah orang yang baru tersebut. Sebab merupakan mangsa empuk dan kalau pun tertipu juga tidak akan bisa melakukan apa-apa kecuali marah-marah tidak jelas. Untuk itu sangat penting menjadi berhati-hati saat melakukan transaksi online supaya uang tidak melayang kepada orang yang salah.

belanja online 2

Sudah banyak referensi tentang trik dan tips untuk mencegah terjadinya kejahatan online atau cyber crime dikarenakan maraknya kasus seperti ini. Salah satu optionsnya adalah dengan mencari olshop yang berada di kota yang sama sehingga bisa melakukan sistem cod atau bisa langsung datang ke tokonya. Tapi nyatanya tidak semua olshop memiliki kebijakan seperti itu, terutama para penjual reseller atau dropshiper yang tidak produknya tidak ready stock. Atau pun jika memutuskan untuk belanja pada olshop yang berdomisli di luar kota.Dalam sistem belanja melalui dunia maya memang memiliki tersendiri yang sejak awal seharusnya sudah disadari sebelum memutuskan membeli produk. Jika tidakbelanja di marketplace maka yang dapat dipegang adalah kepercayaan.

Untuk menghindari penipuan yang dilakukan dengan modus olshop, maka hal pertama yan harus Anda lakukan adalah mengecek validitas dari olshop tersebut. Baik melalui web yang tertera (jika ada), jumlah followers (di IG dan Fans Page Fb), komentar pembeli lain di setiap postingan foto, testimoni, dan lain sebagainya. Untuk meyakinkan para calon pembeli biasanya beberapa olshop juga akan mengupload resi bukti pengiriman barang dan chat testimoni positif dari para pelanggannya. Selain itu, demi menghindari kontak dengan penjual yang mungkin menghilang maka catatlah semua contact person dan informasi penting yang mungkin dibutuhkan. Kalau masih merasa ragu, maka lebih baik belanja di marketplace demi kenyamanan belanja online.